Tag

, ,

Candi Asu Sengi secara administratif terletak di Desa Sengi, Kec. Dukun, Magelang. Bangunan candi saat ini hanya tersisa kaki dan sebagian tubuh candi. Atap candi sudah tak terlihat lagi.

candi-asu-sengi

Kemungkinan dulunya Candi Asu Sengi belum selesai dibangun. Ini bisa diketahui dari makara dan pipi tangganya yang belum selesai dipahat. Relief Gana pada diding candi juga tampak belum selesai dikerjakan.

gana-candi-asu

Pada Candi Asu Sengi pernah ditemukan Arca Nandi dengan kondisi aus.  Karena Nandi yang aus tersebut terlihat seperti anjing (asu; bahasa jawa), masyarakat sekitar menamai candi ini dengan nama Candi Asu. Keberadaan Nandi tersebut juga manandakan bahwa candi ini bercora Hindu.

Pendirian Candi Asu berkaitan dengan beberapa prasasti antara lain Prasasti Sri Manggala II, kurambitan I dan II yang berisi tentang Sang Pamgat Hino Pu Apus yang menetapkan dharmanya di Salingsingan. Sementara itu ada prasasti lain yang menyebutkan tentang dharma Sri Maharaja Rakai Kayuwangi kepada Bathara di Salingsingan yang berangka tahun 802 Saka atau 880 Masehi (masa Kerajaan Mdang/ Mataram Kuno).