Tag

, ,

candi gunung sari

Candi Gunung Sari secara administratif terletak di Dusun Gunungsari, Desa Gulon, Kec. Salam, Magelang. Lokasi candi tersebut berada pada puncak bukit Gunung Sari, kurang lebih 250 mdpl.

Candi Gunung Sari ditemukan kembali pada tahun 1998 saat di Bukit Gunung Sari akan dijadikan lokasi pendirian tower pemancar TV. Saat dilakukan penggalian secara tidak sengaja ditemukan sejumlah batu candi dan struktur bangunan. Pendirian tower dihentikan dan dilanjutan dengan penelitian arkeologis terkait situs ini.

ragam hias candi gunung sari

Sebenarnya keberadaan situs ini sedikit banyak telah diketahui sejak lama, karena pada pemukiman di bawah bukit memang banyak diketemukan batu candi (mungkin batu candi runtuh dan jatuh ke bawah bukit). Keberadaan yoni disekitar Gunung Sari juga sempat dicatat Krom pada tahun 1914.

kala candi gunung sari

Kondisi Candi Gunung Sari telah runtuh. Saat ini hanya terlihat bagian kaki candinya saja. Komplek percandian ini kurang lebih terdiri atas lima bangunan antara lain: sebuah candi induk, empat buah candi perwara. Candi induk menghadap ke arah barat. Tiga candi perwara terletak berhadapan dengan candi induk, sedangkan satu lagi berada di selatan candi induk.

yoni candi gunung sari

Corak keagamaan Candi Gunung Sari adalah Hindu, dengan ditemukannya yoni.

Sumber : Degroot V. 2009. Candi, Space and Lanscape. Sidestone Press. Leiden