Tag

, , ,

Candi Gana terletak di sebelah timur  komplek Candi Sewu. Di luar kawasan wisata candi, berada di antara pemukiman warga di Dusun Bener, Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jateng.

candi asu gana

Relief Singa di Candi Gana, masyarakat setempat menganggapnya sebagai relief anjing (asu)

Keberadaan Candi Gana atau oleh masyarakat setempat disebut dengan nama Candi Asu, erat kaitannya dengan keberadaan candi-candi di kawasan Prambanan. Candi yang berlatar belakang agama Budha ini terkait dengan Candi Sewu. Candi Gana berkedudukan sebagai subordinat di mana Candi Sewu sebagai pusatnya sehingga membentuk sebuah konsep mandala.

stupa gana

Struktur atap Candi Gana berbentuk Stupa

Pembangunan Candi Gana dilakukan oleh Dinasti Syailendra (Mataram Kuno) sekitar abad IX Masehi. Hal ini didasarkan atas ciri arsitektur bangunan candi yang ditunjukkan dengan bentuk pelipit dan sisi genta. Bentuk semacam ini popular pada abad IX Masehi.

candi gana

Candi Gana

Candi Gana berdenah bujur sangkar. Profil kaki candi yang tersisa terdiri dari bingkai rata, padma, dan belah rotan. Pada sisi barat terdapat sebuah tangga. Keberadaan tangga ini dapat menjelaskan arah hadap candi, yakni ke arah barat.

candi asu

Ragam hias pipi tangga Candi Gana

Sumber: BPCB Jawa Tengah