Tag

, , ,

candi plaosan mataram kuno Candi Plaosan Lor terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Komplek percandian ini terdiri dari dua candi induk yang dikelilingi 174 candi perwara. Candi perwara mengelilingi kedua candi induk dalam tiga baris. Baris pertama terdiri dari 50 candi berbentuk  caitya, baris kedua terdiri dari 54 bangunan stupa dan empat bangunan caitya, dan baris ketiga terdiri dari 62 bangunan stupa dan empat bangunan caitya. Sebagian besar candi perwara telah runtuh dan baru sebagian yang telah dipugar kembali.

candi plaosan mdang

candi plaosan lor

Kedua candi induk menghadap ke arah barat dan dikelilingi oleh tembok keliling dengan pintu gapura di depan masing-masing candi. Halaman kedua candi induk ini dipisahkan oleh tembok pemisah dengan sebuah pintu gapura yang menghubungkan keduanya. Kedua candi induk memiliki bentuk yang serupa. Atapnya bertingkat dengan bagian atasnya dihiasi oleh susunan stupa. Dinding luar kedua candi pun dihiasi dengan relief tokoh-tokoh apsara. Candi induk Plaosan lor merupkan bangunan bertingkat dua. Lantai atas sudah tidak ada, diduga terbuat dari kayu.

candi plaosan

relief plaosan

Sejumlah candi perwara didirikan sebagai persembahan yang diberikan oleh raja dan keluarganya atau para pejabat tinggi kerajaan Mataram Kuno/ Mdang, sebagai wakaf untuk bangunan suci kebudhaan. Di antara candi candi tersebut terpahat tulisan tulisan pendek yang menyebutkan nama para penyumbang. Beberapa pahatan tersebut diantaranya menyebutkan dharma sri maharaja (dharma sri maharaja), asthupa sri maharaja rakai pikatan (stupa persembahan Rakai Pikatan), anumoda sang kalung warak Pu Daksa (persembahan Sang Kalungwarak Pu Daksa), anumoda sri kahulunan (persembahan Sri Kahulunan), anumoda sang da pankur pu agam (persembahan Sang Da Pangkur Pu Agam).

teras candi plaosan

altar candi plaosan

Bagian dalam kedua candi induk terbagi menjadi enam ruangan, tiga ruangan terletak di bawah, sedangkan tiga ruangan lainnya terletak di tingkat dua. Lantai papan yang membatasi kedua tingkat saat ini sudah tidak ada lagi, namun pada dinding masih terlihat alur bekas tempat memasang lantai.

relief hariti candi plaosan

Di ruang tengah terdapat tiga padmasana dengan dua arca Buddha duduk berderet di kanan dan kiri menghadap pintu, padmasana di tengah kosong. Pada dinding di kiri dan kanan ruangan terdapat relung yang tampaknya merupakan tempat meletakkan penerangan. Relung tersebut diapit oleh relief Kuwera dan Hariti. Di kiri dan kanan, dekat pintu utama, terdapat pintu penghubung ke ruangan samping. Susunan di kedua ruangan bawah lainnya, baik di bangunan utara maupun di bangunan selatan, mirip dengan susunan di ruang tengah.

arca candi plaosan arca budha plaosan

Sumber: Sedyawadi E., Hariani S., Hasan D., Ratnaesih M., Wiwin D.S.R., dan Chaidir A. 2013. Candi Indonesia: Seri Jawa: Indonesian – English. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Direktorat Jendral Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan