Tag

, ,

candi merakCandi Merak secara administratif terletak di Dukuh Candi, Desa/Kecamatan Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah. Candi ini ditemukan kembali pada tahun 1920 dalam kondisi runtuh. Pada tahun 1985 dilakukan prapemugaran dan dilanjutkan dengan pemugaran pada tahun 2008, 2010, dan 2011 oleh BPCB Jawa Tengah.

Candi Merak terdiri dari sebuah Candi Induk yang menghadap ke timur, di depannya terdapat tiga candi perwara yang kesemuanya menghadap ke barat. Kondisi candi-candi perwara tersebut telah runtuh menyisakan kaki candi dan sebagian tubuh. Di sebelah barat candi induk terdapat sisa gapura kuno sebagai jalan masuk ke dalam halaman candi.

candi merak klatenSisa gapura kuno di belakang candi

candi perwara candi merakCandi perwara

Di dalam bilik Candi Merak  terdapat yoni berukuran besar dengan hiasan kura-kura, naga, dan nandi. Selain itu juga terdapat delapan relung tanpa arca. Dinding dalam bilik candi dihiasi relief bunga teratai. Sementara itu, dinding luar dihiasi relief dewa-dewa yang sudah tidak utuh lagi. Pada dinding luar sisi depan terdapat dua relung kosong. Biasanya relung tersebut berisi arca Mahakala dan Nandiswara. Pada sisi utara, barat, dan selatan candi juga terdapat relung-relung. Relung sisi utara berisi arca Durga, sisi barat berisi arca Ganesa, sedangkan sisi selatan kosong. Relung kosong tersebut bisanya berisi arca Agastya. Berdasarkan arca-arcanya, corak keagamaan Candi Merak adalah Hindu.

arca durga candi merakArca Durga

arca ganesa candi merakArca Ganesa

Atap Candi Merak merupakan atap bertingkat tiga, semakin ke atas semakin mengecil. Pada atap pertama terdapat empat relung yang terletak di tengah-tengah empat sisinya. Pada tiap sisi dan sudut atap candi terdapat hiasan geometris, ratna, dan antefik.

Berdasarkan analisis gaya motif ornament dan arsitekturnya diperkirakan Candi Merak didirikan sekitar 830 – 900 Masehi pada masa Mataram Kuno/ Kerajaan Mdang.

Sumber: Sedyawadi E., Hariani S., Hasan D., Ratnaesih M., Wiwin D.S.R., dan Chaidir A. 2013. Candi Indonesia: Seri Jawa: Indonesian – English. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Direktorat Jendral Kebudayaan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan