Tag

, , , , , , ,

penampungan bcb mlatiPenampungan Benda Cagar Budaya (BCB) Mlati terletak di dusun Cebongan Kidul, Desa Tlogoadi, Kecamatan Mlati, Sleman. Penampungan BCB Sayegan merupakan tempat penampungan benda-benda cagar budaya masa klasik yang dikumpulkan dari wilayah Mlati dan sekitarnya. Berikut koleksi banda-benda cagar budaya yang terdapat di Penampungan BCB Mlati:

antefik mlatiAntefik
Unsur bangunan yang berfungsi sebagai hiasan bagian luar. Sering ditemukan pada bangunan candi dalam bentuk segitiga meruncing. Karena merupakan bagian dari struktur, maka antefik tidak dapat dipisahkan dari bangunan itu sendiri.

arca ganesa mlatiArca Ganesa
Ganesa adalah anak Dewa Siwa. Dikenal sebagai dewa ilmu pengetahuan dan dewa penghalau rintangan. Berkepala gajah, berperut buncit, bertangan empat. Karena dianggap sebagai penyingkir rintangan maka arca ini biasanya ditempatkan di perempatan jalan, di pinggir sungai, atau tempat-tempat angker. Dalam tata letak candi, Ganesa selalu membelakangi arah hadap candinya. Apabila arah candi ke timur, maka ia akan ditempatkan di relung sebelah barat.

arca mahakalaArca Mahakala
Mahakala dikenal sebagai dewa pembinasa, digambarkan dalam bentuk Krodha (marah/menakutkan). Atribut yang dibawa biasanya gada, kadga, paca, dan ular. Dalam bangunan candi Hindu arca Mahakala menempati relung sebelah kiri pintu masuk candi.

arca surya mlatiArca Surya
Surya adalah dewa matahari, sebagai penjaga mata angin barat daya. Surya digambarkan memegang bunga padma mekar dan membawa danda (tongkat). Dia memiliki wahana kuda. Kadang-kadang Surya digambarkan mengendarai kereta yang ditarik oleh 7 ekor kuda, dan ada pula yang digambarkan sedang menunggang seekor kuda. Biasanya digambarkan mempunyai sirascakra, dan mengenakan karandamakuta sebagai mahkotanya.

kala mlatiKala
Hiasan berbentuk kepala raksasa dengan ekspresi menakutkan. Hiasan ini dimaksudkan sebagai penolak bala. Pada umumnya ditempatkan di tengah bingkai bagian atas pintu masuk bangunan candi.

kemuncak mlatiKemuncak
Unsur bangunan berupa menara-menara kecil yang mengelilingi puncak. SIfatnya dekoratif dan tidak mewakili fungsi tertentu.

lesung mlatiLesung
Alas menumbuk yang memiliki lubang berbentuk lonjong memanjang di bagian atas. Bahan terbuat dari batu atau kayu. Alat penumbuknya disebut alu.

miniatur candiMiniatur Candi
Tiruan bangunan candi yang dibuat dalam ukuran lebih kecil dibandingkan dengan aslinya.

yoni mlatiYoni
Yoni adalah simbol aspek wanita, juga dianggap sebagai penggambaran istri Dewa Siwa. Biasanya digambarkan dalam kesatuannya dengan lingga. Pada bagian atas yoni terdapat sebuah lubang berbentuk segi empat untuk meletakkan lingga. Lubang ini dihubungkan dengan cerat yang berfungsi sebagai pancuran.

Sumber BP3 Yogyakarta