Tag

, ,

Dalam laporan Bosch tahun 1915 disebutkan bahwa di Dusun Cupuwatu, Purwomartani, Kalasan, Sleman terdapat tinggalan klasik bercorak Budha. Tinggalan tersebut berwujud stupa dan masih dapat dijumpai pada pertengahan abad ke-19. Saat ini stupa yang dimaksud sudah tidak berada di dusun melainkan berada di halaman Istana Negara Yogyakarta. Hal ini dibenarkan oleh Situs Web Istana Kepresidenan Republik Indonesia yang menyatakan bahwa, monumen dari batu andesit setinggi 3.5 meter di halaman istana yang disebut Dagoba sebenarnya berasal dari Dusun Cupuwatu di dekat Prambanan. Pemindahan Stupa Cupuwatu ke kompleks Istana Negara Yogyakarta diduga terkait dengan pembangunan Komplek Seni Sono pada tahun 1911 hingga 1915 oleh pemerintah Kolonial Belanda. Komplek Seni Sono merupakan tempat pertunjukkan kesenian terpilih dan tempat penyimpanan koleksi benda-benda seni.

Saat ini di Dusun Cupuwatu masih terdapat sisa-sisa tinggalan klasik yang mungkin terkait dengan Stupa Cupuwatu. Tinggalan-tinggalan tersebut berupa batu-batu candi yang tergeletak di pinggir jalan dusun.

Sumber : Degroot V. 2009. Candi, Space and Lanscape. Sidestone Press. LeidenI http://www.presidenri.go.id/istana/index.php/statik/profil/istana/yogya.html