Tag

, ,

Situs Condongcatur terdiri dari tiga buah benda cagar budaya, yakni sebuah yoni dan dua buah batu candi yang kemungkinan adalah kemuncak. Kondisi dari benda-benda cagar budaya tersebut telah di cat, bahkan salah satu kemuncaknya telah dilekatkan bersama yoni sehingga tampak sedemikian rupa.

Secara administratif situs Condongcatur terletak di Desa Condongcatur, Kecamatan Depok, Sleman. Saat ini Situs Condongcatur tersimpan di halaman Balai Desa Condongcatur. Kurang diketahui apakah sejak dahulu benda-benda cagar budaya tersebut telah berada di halaman balai desa atau mungkin merupakan inventaris sehingga disimpan di sana. Memang dalam laporan pengamatan yang dilakukan oleh BP3 Yogyakarta pada tahun 1980 telah ditemukan beberapa benda cagar budaya di Dusun Pringwuling Condongcatur. Dalam laporan tersebut temuan itu disebut  Situs Puren.

Ditilik dari keberadaan yoni, diperkirakan bahwa Situs Condongcatur berlatar belakang agama Hindu. Yoni merupakan simbol aspek wanita yang juga sebagai penggambaran istri Dewa Siwa (dewa Hindu).

fakta lapangan