Tag

, ,

Secara administratif Situs Jetis Jogopaten berada Dusun Jetis Jogopaten, Kelurahan Pendowoharjo, Kecamatan Ngagilik, Sleman. Lokasinya berada di sebuah sendang di dekat peternakan kelompok milik warga Dusun Jetis Jogopaten. Situs Jetis Jogopaten terdiri dari dua buah antefik dan sebuah panil berpahatkan relief kinara-kinari yang mengelilingi pohon kalpataru. Kinara-kinari merupakan makhluk kahyangan yang berwujud setengah manusia setengah burung. Dalam kehidupan di kahyangan, mereka bertugas sebagai penjaga kalpataru. Kalpataru atau kalpawrksaadalah pohon kahyangan yang hidup sepanjang masa, tempat menggantungkan segala asa. Pada dahan-dahannya digambarkan berjuntai berbagai macam perhiasan yang indah-indah, sehingga harus dijaga oleh makhluk-makhluk kahyangan seperti kinara-kinari.

Diperkirakan Situs Jitis Jogopaten adalah reruntuhan sebuah candi, mengingat lokasinya yang berdekatan dengan sumber mata air sesuai dengan ketentuan pendirian candi dalam kitab Vastusastra. Selain itu, temuan-temuan seperti antefik adalah temuan yang merupakan komponen penyusun dari sebuah candi. Antefik adalah unsur bangunan yang berfungsi sebagai hiasan bagian luar bangunan candi dengan bentuk segitiga meruncing.

Latar belakang keagamaan Situs Jetis Jogopaten belum dapat dipastikan mengingat relief kinara-kinari bisa dijumpai pada candi-candi bercorak Hindu maupun Budha.

fakta lapangan