Tag

, ,

Secara administratif Situs Sumur Bandung berada di Dusun Groyokan, Desa Sambisari, Kecamatan Prambanan, Sleman. Lokasinya tidak begitu jauh dari Candi Ijo, kurang lebih 500m ke arah barat laut.

Situs Sumur Bandung merupakan sisa-sisa bangunan candi bercorak hinduistis. Dari situs ini pada tahun 1980-an pernah ditemukan dua buah arca langka yang diperkirakan satu-satunya di Indonesia. Kedua arca tersebut menggambarkan perwujudan dari Dewa Wisnu, yakni arca Narasimha dan Wisnutriwikrama.

Narasimha merupakan awatara Dewa Wisnu yang digambarkan sebagai manusia berkepala singa. Sedangkan Wisnutriwikrama merupakan penggalan kisah Wamana. Wamana merupakan awatara Dewa Wisnu yang digambarkan sebagai brahmana kerdil.

Meski telah memberikan sumbangan yang besar bagi dunia arkeologi Indonesia, Situs Sumur Bandung justru kurang terawat. Tak ada pagar pelindung maupun papan keterangan di sekitar situs. Untuk menuju situs ini juga hanya bisa dijangkau dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah hutan.

Sumber: BP3 Yogyakarta