Tag

, ,

Candi Abang secara administratif berlokasi di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Lokasinya berada di atas bukit dan berdekatan dengan Situs Goa Sentono.

Bentuk Candi Abang sudah tidak utuh dan tertutup oleh rereumputan, sehingga sekilas candi ini tampak seperti bukit biasa. Namun jika diamati dengan seksama, akan terlihat bahwa struktur bukit tersebut sebenarnya tersusun dari bata merah. Oleh karena itu candi ini disebut dengan sebutan Candi Abang (merah). Selain struktur batu bata, di sekitar Candi Abang juga dapat dijumpai komponen-komponen penyusun candi yang terbuat dari batuan andesit.

Dalam Laporan Kegiatan Abang, Sentono, dan Jepang tahun 2000 disebutkan mengenai adanya inskripsi pendek yang berasal dari tahun 872 M. Berdasarkan inskripsi tersebut diperkirakan Candi Abang berasal dari masa Mataram Kuno pemerintahan Rakai Kayuwangi.

Latar belakang keagamaan Candi Abang masih belum diketahui secara pasti. Dalam laporannya pada tahun 1915, Bosch berpendapat bahwa Candi Abang memiliki relief bercorak Budha (meskipun ia juga menyatakan adanya lingga). Pernyataan tersebut ia ilhami dari laporan Verbeek pada tahun 1891, dimana verbeek hanya beracuan pada laporan Ijzermn 1872 tanpa melakukan peninjauan langsung ke Candi Abang.

Sumber : Degroot V. 2009. Candi, Space and Lanscape. Sidestone Press. Leiden