Tag

, ,

Secara administratif Situs Goa Sentono berlokasi di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman. Lokasinya berada di kaki bukit dan berdekatan dengan lokasi Candi Abang. Situs Goa Sentono adalah goa buatan yang dipahat pada sebuah batu, sehingga lebih tepat jika disebut sebagai ceruk.

Pada Situs Goa Sentono terdapat dua buah ceruk. Pada dinding dan lantai ceruk sebelah kanan didapati sebuah cekungan. Diduga cekungan tersebut merupakan tempat untuk meletakkan arca. Pada dinding Ceruk sebelah kiri terdapat dua pahatan tokoh yang belum diketahuai identitasnya. Di antara kedua ceruk tersebut terdapat pahatan Trimurti yang di hadapanya terpahat lingga yoni semu.

Adanya pahatan Trimurti dan lingga yoni semu menunjukkan bahwa latar belakang keagamaan Situs Goa Sentono adalah agama Hindu. Situs yang serupa dengan Situs Goa Sentono juga dapat dijumpai di Jawa Timur, yaitu Situs Goa Selomangleng di Kediri dan Goa Selomangleng di Tulungagung. Hal ini tidak begitu mengherankan, sebab sekitar abad ke 10 pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno berpindah dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

opini penulis