Tag

, ,

Candi Barong adalah salah satu candi Hindu yang berada di atas bukit Batur Agung. Secara administratif Candi ini terletak di Dusun Candi Sari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Di sekitar Candi Barong banyak dijumpai situs-situs candi Hindu maupun Budha seperti Candi Sumberwatu, Situs Dawangsari, Arca Ganesa Dawangsari, Candi Miri, dan Kraton Ratu Boko.

Situs Candi Barong dibangun sekitar abad 9-10 Masehi. Kemudian ditemukan kembali pada awal abad 20 dalam kondisi runtuh. Pemugaran Candi Barong dimulai pada tahun 1987. Diawali dengan memugar candi sisi utara. Candi induk Candi Barong selesai dipugar pada tahun 1992 yang kemudian dilanjutkan dengan pemugaran talud dan pagar.

Candi Barong terbagi menjadi tiga halaman. Halaman I terdapat dua buah candi yang merupakan candi induk Candi Barong. Kemudian halaman II dan III tidak di jumpai adanya bangunan. Hanya pada sisi timur terdapat pagar bangunan utama.

Secara arsitektural Candi Barong memiliki keunikan jika dibandingkan dengan candi-candi lain di kawasan Prambanan. Keunikan tersebut terlihat dari penataanya yang memusat kebelakang. Hal tersebut tidak lazim, karena pada umumnya penataan candi periode Jawa Tengah cenderung bersifat memusat ke tengah.

Sumber : BP3 Yogyakarta