Tag

, ,

Candi Sari terletak di sebelah timur laut Candi Kalasan. Secara administratif candi bercorak Budha ini berada di Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman. Candi ini diperkirakan dibangun sekitar abad 8 Masehi, hampir bersamaan dengan pembangunan Candi Kalasan. Perkiraan tersebut didasarkan pada kesamaan pola hias serta keberadaan bajralepa.

Candi Sari merupakan salah satu candi yang unik dari sisi arsitektur karena menampakkan bangunan candi bertingkat. Diperkirakan dahulunya pembagian antara ruang atas dan bawah di pisahkan dengan lantai kayu. Bangunan candi bertingkat lain adalah Candi Plaosan di Prambanan Jawa Tengah.

Pada dinding luar candi dipahat relief-relief Bodhisatva sejumlah 38 buah, 8 disisi utara, timur, dan selatan, serta 14 di sisi barat. Pada sisi kanan dan kiri masing-masing cendela dipahat relief makhluk kayangan berwujud Kinara dan Kinari. Kinara dan Kinari adalah makhluk bertubuh burung berkepala manusia.

Candi Sari ditemukan pertama kali pada tahun 1840 dalam kondisi rusak. Ditahun 1929-1930an Candi Sari dipugar meski tidak sempurna. Selasar keliling bangunan penampil pada pintu masuk serta stupa atap tidak terpasang utuh karena sisa-sisa batuanya tidak utuh lagi.

Sumber : BP3 Yogyakarta