Tag

, ,

Candi Banyunobo merupakan komplek percandian yang terletak di Dusun Cepit, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi Banyunibo terdiri dari sebuah candi induk dan enam buah candi perwara yang terdiri dari tiga buah candi perwara selatan dan tiga buah candi perwara timur.

Candi Banyunibo ditemukan kembali dalam keadaan runtuh pada November 1940, kemudian dilakukan penelitian sampai tahun 1942 yang berhasil menyusun kembali atap dan pintu candi. Sampai tahun 1962 penyusunan sabasement, kaki candi, tubuh candi serta pagar sisi utara telah berhasil diselesaikan. Pemugaran secara keseluruhan pada Candi Banyunibo baru dapat diselesaikan pada tahun 1978.

Bangunan utama Candi Banyunibo menghadap ke arah barat, dengan jaladwara(unsur bangunan yang berfungsi untuk mengalirkan air) di sisi samping dan belakangnya. Ambang pintu masuknya dihias dangan hiasan kalamakara yang berakhir dengan relief seekor singa. Kakinya dilengkapi dengan selasar bardenah persegi panjang yang berfungsi sebagai jalan untuk ritual mengelilingi candi.  Dinding luar tubuhnya terpahat relief  Hariti (dewi kesuburan dalam agama Budha) dan Vaisravana suaminya. Atapnya bebentuk daun bunga padma yang di atasnya diletakkan setupa.

relief hariti

Berdasarkan bentuk atap dan reliefnya, dapat disimpulkan bahwa Candi Banyunibo berlatar belakang agama Budha.

Sumber : BP3 Yogyakarta